Home » , » Tak Sesederhana Nama dan Wujudnya

Tak Sesederhana Nama dan Wujudnya

Written By Dede safin on Selasa, 17 Juli 2012 | 19:54



Air, memang tampak sederhana, dan sesederhana namanya. “AIR”. ketidak berdayaan makhluk hidup tanpa air, seharusnya membuat kita berfikir ulang, apakah bener air sesederhana itu??? jawabannya tentu saja TIDAK, meskipun sering kita abaikan dan tak pernah menjadi bahan pemikiran yang serius, air tenyata menyimpan segudang informasi yang sungguh sangat penting. Air adalah zat atau materi, molekul yang hanya terdiri dari dua atom hidrogen dan satu oksigen, adalah cairan yang sangat luar biasa. bisa di singkat dengan rumus H2O. bener-bener sederhana ya….


terlalu banyak keistmewaan air, dan tidak mungkin di muat dalam note ini semuanya….

kekeringan atau banjir adalah dua bukti bahwa dengan air kita tidak bisa apa-apa, dan air yang berlebihanpun bisa memusnahkan kita. ternyata air tidak sederhana ya…. (yang nulis ya konsisten neh…. tadi di atas sederhana, skrng ga sederhana…. nah loh ??)sedikit menjadi kawan, banyak menjadi lawan. itulah air.

air juga harus seimbang jumlahnya agar kehidupan di bumi dapat berlangsung dengan baik.

itulah sekelumit tentang air… owh masih pembukaan ya?? hihihi…. maaf, kirain sudah mulai masuk ke bahasan… baiklah pembukaan’y sudah cukup, mari kita bedah air secara singkat….

Bismillah….

Kami ciptakan dari air segala sesuatu yang hidup.” (Q.S. Al Anbiya:30)

sebagian besar planet bumi kita ditutupi oleh air. Samudra dan lautan membentuk tiga perempat permukaan bumi, sedangkan di daratan terdapat sungai dan danau berjumlah tak terkira, salju dan es di puncak-puncak gunung adalah wujud air yang membeku. sebagian besar air berada di angkasa, setiap awan mengandung ribuan, terkadang mengandung jutaan ton ait berbentuk uap. hujan itulah tetesan air yang berubah dari uap menjadi air. udara juga mengandung uap air, dengan kadar tertentu.


Tubuh manusia terdiri dari sekitar 70% air. Sel-sel tubuh kita berisi banyak hal, tapi tidak ada yang lebih banyak atau lebih penting dari air. Bagian terbesar dari darah yang mengalir ke seluruh tubuh kita adalah air. Tidak hanya tubuh kita atau orang lain, tapi sebagian besar dari tubuh seluruh makhluk hidup terdiri dari air. Tampaknya kehidupan ini mustahil ada tanpa air.

Tubuh manusia memang 75% terdiri atas air. Otak 74,5% air. Darah 82% air. Tulang yang keras pun mengandung 22% air.


Air adalah zat yang diciptakan dan dirancang secara khusus sebagai sumber kehidupan. Setiap sifat fisika dan kimia air telah diciptakan secara khusus bagi kehidupan. Air memang memiliki segala sifat yang benar-benar pas dan sesuai bagi kelangsungan hidup semua makhluk.

Di antara yang menarik dari air adalah proses pembekuannya. Zat-zat cair pada umumnya membeku mulai dari lapisan paling bawah lalu ke lapisan di atasnya. Tapi air membeku dari arah sebaliknya. Ini adalah sifat air yang ‘aneh’, akan tetapi sangatlah penting bagi keberadaan air di permukaan bumi. Jika air tidak membeku dari atas, dengan kata lain jika es tidak mengapung, maka banyak air di wilayah dingin di permukaan bumi yang akan menjadi es. Bila ini yang terjadi, maka takkan ada lagi kehidupan di lautan, danau, kolam dan sungai yang membeku.

“Marilah kita kaji lebih teliti untuk mengetahui mengapa demikian. Terdapat banyak tempat di bumi yang memiliki suhu di bawah (0 °C) di musim dingin, bahkan jauh lebih dingin lagi. Cuaca dingin seperti ini tentunya berpengaruh pada air di laut, danau, dan lain sebagainya. Air ini semakin lama akan semakin dingin, dan sebagian darinya mulai membeku. Jika es tidak memiliki sifat sebagaimana biasanya (dengan kata lain jika es tidak mengapung), maka es ini akan tenggelam ke bagian dasar. Kemudian bagian air yang suhunya lebih hangat akan naik ke permukaan dan bersentuhan dengan udara di atasnya. Akan tetapi, suhu udara di atas permukaan air masih berada di bawah titik beku air, sehingga air yang berada permukaan ini akan membeku juga dan lantas tenggelam ke bagian dasar. Proses ini akan berlangsung terus hingga keseluruhan air telah membeku.”
Namun peristiwa di atas tersebut tidaklah terjadi. Sebaliknya yang terjadi adalah: ketika suhu udara menjadi dingin, masa jenis atau kerapatan air menjadi semakin besar hingga suhunya mencapai 4°C. Namun setelah mencapai titik ini, segala sesuatunya berubah tiba-tiba. Di bawah suhu ini, air mulai memuai dan kerapatannya menjadi semakin kecil. Akibatnya, air bersuhu 4°C akan tetap berada di bagian paling bawah, air bersuhu 3°C di atasnya, air bersuhu 2°C di atasnya lagi, dan begitu seterusnya. Hanya di bagian paling permukaan sajalah suhu air mencapai (0 °C). Dan lapisan teratas inilah yang membeku. Tapi hanya bagian permukaan saja yang membeku, lapisan air bersuhu 4°C di bawah lapisan es ini tetap berwujud cair, dan ini sudah cukup bagi hewan dan tumbuhan dalam air untuk tetap hidup.

Apa yang terjadi apabila air tidak memiliki sifat yang demikian ini dan berperilaku sebagaimana zat cair lain? Anggaplah air semakin mejadi lebih padat seiring dengan suhunya yang semakin menurun, sebagaimana zat cair lain. Maka lapisan es yang terbentuk kemudian tenggelam ke bagian dasar. Apa yang akan terjadi?

Pada keadaan ini, proses pembekuan di samudra dan lautan akan dimulai dari bagian dasar dan terus berlanjut hingga ke bagian paling permukaan. Hal ini terjadi karena tidak terdapat lapisan es di permukaan yang menutupi lapisan air di bawahnya, sehingga mencegah hilangnya panas dari air tersebut. Dengan kata lain, sebagian besar danau, lautan dan samudra di bumi ini akan menjadi es padat yang di atasnya mungkin terdapat lapisan air berkedalaman hanya beberapa meter saja. Bahkan jika suhu udara ditingkatkan, es di bagian bawah tidak pernah mencair semuanya. Dalam keadaan demikian, kehidupan dalam air tidak dapat berlangsung, begitu pula dengan kehidupan di daratan. Dengan kata lain, jika air tidak ‘berperilaku aneh’ seperti ini, maka planet kita akan menjadi bumi yang mati.

“Untuk volume yang sama, air memiliki berat tertinggi pada suhu +4°C. Ini sungguh penting bagi kelangsungan hidup flora dan fauna di muka bumi. Di lautan, air yang bersuhu +4°C tenggelam ke dasar lautan karena memiliki berat terbesar. Karenanya, dasar lautan yang permukaannya tertutupi bongkahan es, selalu dalam keadaan cair (tidak beku), dan memiliki suhu +4°C yang masih memungkinkan berlangsungnya kehidupan. Hal yang sama berlaku pula di sungai dan di danau.”
Mengapa air berperilaku tidak sebagaimana zat cair lainnya? Mengapa air tiba-tiba saja memuai di bawah suhu 4°C, padahal di atas suhu ini ia menyusut? Ini adalah pertanyaan yang tak seorang pun mampu menjawabnya. Tapi satu hal yang pasti adalah: ‘keanehan’ inilah yang menjadikan kehidupan di bumi tetap berlangsung. Hal ini memunculkan satu pertanyaan lagi: mungkinkah ini semua dikarenakan air itu sendirilah yang menghendaki perilaku ‘anehnya’ tersebut. Namun air adalah benda mati. Air hanyalah senyawa yang terdiri dari atom hidrogen dan oksigen yang tidak memiliki akal pikiran. Sebaliknya, ini bukan pula kehendak seluruh makhluk hidup yang telah memprogram air agar memiliki sifat yang mendukung kelangsungan hidup mereka. Jika demikian, tentunya ada kehendak dan kecerdasan lain yang menciptakan perilaku air agar sesuai dengan kebutuhan makhluk hidup. Dan pencipta air ini tentu pula pencipta makhluk hidup tersebut, termasuk manusia. Pencipta ini tiada lain adalah Allah, Tuhan Yang Maha Sempurna.

“Dia-lah, Yang telah menurunkan air hujan dari langit untuk kamu, sebahagiannya menjadi minuman dan sebahagiannya (menyuburkan) tumbuh-tumbuhan, yang pada (tempat tumbuhnya) kamu menggembalakan ternakmu. Dia menumbuhkan bagi kamu dengan air hujan itu tanam-tanaman; zaitun, korma, anggur dan segala macam buah-buahan. Sesungguhnya pada yang demikian itu benar-benar ada tanda (kekuasaan Allah) bagi kaum yang memikirkan.” (QS. An Nahl, 16:10-11)
itu sebagian kecil tentang air….

mari kita lanjutkan ke beberapa proses lagi….

mungkin ini baru bagi kalian, atau sudah ada yang mengetahuinya…. sebut saja bahan bakar dari air, hah??? jangan gila donx,,, mana mungkin bahan bakar dari air??? ah yang nulis gila neh… hehehe… sabar dulu bro n sis…dari pada penasaran kita telusuri tentang air lagi…. mari…. dari tadi ngomong mulu, pembaca udah ga sabar neh, masa ada bahan bakar dari air,,, okeh…okeh… yuuu mariiii cekidot…..

seperti yang sudah di jelaskan tadi air terdiri dari 2 atom hidrogen dan 1 atom oksigen. dengan rumus kimia H2O. nah terus apa??? sabar brooo…. sedikit pake bahasa kimia ya…. ya walau penulis juga ga terlalu faham…hihihi… :D

Air bersifat tidak berwarna, tidak berasa dan tidak berbau pada kondisi standar, yaitu pada tekanan 100 kPa (1 bar) and temperatur 273,15 K (0 °C). Zat kimia ini merupakan suatu pelarut yang penting, yang memiliki kemampuan untuk melarutkan banyak zat kimia lainnya, seperti garam-garam, gula, asam, beberapa jenis gas dan banyak macam molekul organik.

Keadaan air yang berbentuk cair merupakan suatu keadaan yang tidak umum dalam kondisi normal, terlebih lagi dengan memperhatikan hubungan antara hidrida-hidrida lain yang mirip dalam kolom oksigen pada tabel periodik, yang mengisyaratkan bahwa air seharusnya berbentuk gas, sebagaimana hidrogen sulfida. Dengan memperhatikan tabel periodik, terlihat bahwa unsur-unsur yang mengelilingi oksigen adalah nitrogen, flor, dan fosfor, sulfur dan klor. Semua elemen-elemen ini apabila berikatan dengan hidrogen akan menghasilkan gas pada temperatur dan tekanan normal. Alasan mengapa hidrogen berikatan dengan oksigen membentuk fasa berkeadaan cair, adalah karena oksigen lebih bersifat elektronegatif ketimbang elemen-elemen lain tersebut (kecuali flor). Tarikan atom oksigen pada elektron-elektron ikatan jauh lebih kuat dari pada yang dilakukan oleh atom hidrogen, meninggalkan jumlah muatan positif pada kedua atom hidrogen, dan jumlah muatan negatif pada atom oksigen. Adanya muatan pada tiap-tiap atom tersebut membuat molekul air memiliki sejumlah momen dipol. Gaya tarik-menarik listrik antar molekul-molekul air akibat adanya dipol ini membuat masing-masing molekul saling berdekatan, membuatnya sulit untuk dipisahkan dan yang pada akhirnya menaikkan titik didih air. Gaya tarik-menarik ini disebut sebagai ikatan hidrogen.Air sering disebut sebagai pelarut universal karena air melarutkan banyak zat kimia. Air berada dalam kesetimbangan dinamis antara fase cair dan padat di bawah tekanan dan temperatur standar. Dalam bentuk ion, air dapat dideskripsikan sebagai sebuah ion hidrogen (H+) yang berasosiasi (berikatan) dengan sebuah ion hidroksida (OH-).

Molekul air dapat diuraikan menjadi unsur-unsur asalnya dengan mengalirinya arus listrik. Proses ini disebut elektrolisis air. Pada katoda, dua molekul air bereaksi dengan menangkap dua elektron, tereduksi menjadi gas H2 dan ion hidrokida (OH-). Sementara itu pada anoda, dua molekul air lain terurai menjadi gas oksigen (O2), melepaskan 4 ion H+ serta mengalirkan elektron ke katoda. Ion H+ dan OH- mengalami netralisasi sehingga terbentuk kembali beberapa molekul air. Reaksi keseluruhan yang setara dari elektrolisis air dapat dituliskan sebagai berikut.


Gas hidrogen dan oksigen yang dihasilkan dari reaksi ini membentuk gelembung pada elektroda dan dapat dikumpulkan. Prinsip ini kemudian dimanfaatkan untuk menghasilkan hidrogen dan hidrogen peroksida (H2O2) yang dapat digunakan sebagai bahan bakar kendaraan hidrogen.


kita kembali ke Al-Qur’an sebagai pedoman hidup kita. dalam satu surat Al-Waqi’ah : 68 “….sudahkan kamu memperhatikan air yang kamu minum…..”

dengan berbekal dari Qur’an dan beberapa rumus kimia kita bisa membuat bahan bakar dari air….

kembali lagi ke rumus H2O, bila kita bisa memisahkan hidrogen dari oksigen, dan membakar hidrogennya, maka kita bisa membuat bahan bakar dari air….


nah apakah kita sudah memperhatikan air yang sangat penting bagi kehidupan kita????

padahal ini cuma air za, bagaimana dengan yang lainnya, dan ini juga hanya sebagian kecil dari air yag kita amati, masih banyak lagi informasi-informasi yang terkandung dalam air. yang pasti air sangat-sangat berpengaruh pada kehidupan di bumi..

alhamdulillah, beres juga. masih ada pembahasan-pembahasan air yg lainnya…. silahkan di nantikan…. ahaha kaya acara tivi za… :D

sember :
Qur’an
insight magazine
wikipedia
google
buku kimia
you tube
air tentunya…. :D d(^_^)b
Share this article :

0 komentar:

Posting Komentar